KEREN! SISWA DI CIAMIS INI PALING BANYAK MASUK PTN FAVORIT

Admin Selasa, 17/05/2016 Utama 717 hits

SMA Negeri 1 Ciamis menjadi sekolah terbanyak se-Kabupaten Ciamis yang siswanya masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Mereka diterima tanpa tes melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Saat ini, sebanyak 105 siswa SMA Negeri 1 Ciamis yang baru dinyatakan lulus pekan lalu sudah diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Jumlah itu dipastikan akan terus bertambah mengingat sebagian besar siswa lainnya saat ini masih berproses mengikuti seleksi.

“Alhamdulillah SMA 1 masih meraih angka kelulusan ke PTN terbesar se-Kabupaten Ciamis. Memang mereka bercita-cita sekolah di PTN, sekarang sudah masuk di PTN yang mereka inginkan tanpa tes,” terang Kepala SMA Negeri 1 Ciamis, Drs. H. Wawan Heryawan, M.Pd., saat di wawancara Warta Priangan di ruang kerjanya, Selasa (17/05).

Dikatakan Wawan, PTN yang sudah berhasil ditembus siswanya tanpa tes itu antara lain, Universitas Padjajaran (UNPAD) sebanyak 33 orang, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) 27 orang, Universitas Siliwangi (UNSIL) 24 orang, Institut Pertanian Bogor (IPB) lima orang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) lima orang, Universitas Sebelas Maret (UNS) satu orang, dan Universitas Lampung (UNILA) satu orang.

“Selanjutnya ada tiga politeknik negeri diantaranya, Polliteknik Kesehatan Tasikmalaya (Poltekes Tasikmalaya) empat orang, Politeknik Kesehatan Bandung (Poltekes Bandung) tiga orang, dan Akademi Kimia Bogor dua orang,” imbuhnya.

Selain diterima di PTN, lanjut Wawan, 39 siswa SMA Negeri 1 Ciamis juga diterima di 10 perguruan tinggi swasta (PTS) melalui jalur undangan yang dikenal dengan nama Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Ia berharap para alumni SMA Negeri 1 Ciamis dapat mengikuti perkuliahan dengan baik sehingga bisa berprestasi. Sekarang baru di buka jalur tanpa tes, mereka masih banyak yang mengikuti tes PTN melalui sekolah-sekolah dan melalui dinas pendidikan yang lainnya.

“Supaya nanti adik-adik kelasnya mengikuti alumninya dengan baik,” tutur dia.

Diungkapkannya, kurikulum yang berlaku di SMA Negeri 1 Ciamis adalah kurikulum 2013. Dan sudah dapat dikatakan sukses diterapkan di SMA Negeri 1 Ciamis. Wawan berharap, tahun depan kelulusannya mencapai 100 persen kembali. (Tantan Mulyana/WP)

sumber: wartapriangan

: tanpa label

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

MUTIARA HADIST

Dari Ibnu Mas'ud Ra. Telah Berkata: Telah Bersabda Rasulullah Saw: "Tidak Halal Darah Seorang Muslim Kecuali Disebabkan Salah Satu Dari Tiga Perkara: Duda/janda Yang Berzina, Pembunuhan Dibalas Bunuh, Orang Meninggalkan Agamanya, Memisahkan Diri Dari Jama'ah (murtad)." Hati-hati Wahai Saudaraku...